Seminar Nasional "Pengenalkan Literasi dengan Bermain"

Surabaya, Sabtu 14 Desember 2024 Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan Seminar dengan tema “Pengenalan Literasi dengan Bermain”. Seminar ini merupakan tugas dari matakuliah Teori Kritis tentang PAUD yang diselenggarakan di ruang parenting KBTK Al-Hikmah Surabaya, kegiatan seminar ini dimulai pukul 09.30 -11.45 WIB. Peserta yang hadir di acara ini berjumlah 91 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru KB, TK, PAUD dan PPT se kecamatan Gayungan.

Seminar kali ini dibuka oleh Kepala Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini Ibu Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. Dan menghadirkan dua narasumber seminar yang merupakan mahasiswa S2 PAUD UNESA angkatan 2024, yaitu Noor Iz Zumara, S.Psi. dan Hanifa Ayu Ratnaningsih, S.Pd.

Hanifa Ayu ratnaningsih, S.Pd mengawali seminar ini dengan bertanya mengapa literasi itu penting? Karena literasi adalah dasar dari semua pembelajaran, literasi berperan penting dalam kesuksesan akademik dan kehidupan sehari-hari, seperti kata Irina Bocava “Literasi adalah pintu menuju pengetahuan” selain itu ia juga menjelaskan tentang pengertian literasi pada anak usia dini, manfaat dari mengenalkan literasi pada anak usia dini sekaligus cara mengenalkan literasi pada anak usia dini. Seminar selanjutnya di sampaikan oleh Noor Iz Zumara, S. Psi yang menjelaskan tentang pengertian bermain dari beberapa ahli psikologi, ragam main yang dapat mengembangkan literasi, sekaligus memaparkan tentang matematika untuk anak usia dini beserta contoh permainannya dan peran guru dalam mendampingi anak bermain.
Setelah selesai pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi, antusiasme dari para peserta terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam diskusi seminar ini. Setelah sesi tanya jawab dan diskusi peserta dipersilahkan memberikan kesan dan pesan mengenai webinar yang telah diadakan. Salah satu peserta, Suryaningsih dari TK Amanda menyampaikan “sangat berkesan materi yang disampaikan narasumber bagus, sehingga bisa dijadikan acuan untuk kegiatan proses belajar mengajar di lembaga dan semoga bisa dilaksanakan kembali kegiatan seminar untuk guru-guru di wilayah kecamatan Gayungan Surabaya”.