Forum Akademia: Mewujudkan Alur Berpikir dalam Penelitian di Kalangan Mahasiswa

S2paud.fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Pada tanggal 15 April 2025, Program
Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Surabaya mengadakan
acara bincang akademia yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan strategi
dalam penyusunan penelitian skripsi dan thesis bagi mahasiswa. Acara dilakukan secara daring dan dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai jenjang mulai mahasiswa S1, RPL dan S2 Prodi Pendidikan Anak Usia Dini dan dipandu oleh ahli di bidang
akademik.
Dalam sambutannya, Koordinator Prodi S2 PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Surabaya, Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd, menyampaikan pentingnya
kualitas penelitian. "Karya tulis bukan hanya syarat kelulusan, tetapi
juga menjadi kontribusi nyata kita dalam dunia akademik, oleh karena itu
penting untuk memahami alur berpikir dalam penelitian" ujarnya.
Acara dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan narasumber yang
berkompeten yaitu Ibu Dr. Miftahkul Jannah, S.Psi., M.Si., Psikolog. Narasumber
membagikan pengalaman dan tips praktis dalam penyusunan penelitian sebagai
tugas akhir mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Dr. Miftahkul Jannah menekankan
pentingnya konsisten dalam menyusun tugas akhir dan pentingnya pemilihan topik
yang relevan.
Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana mahasiswa antusias
mengajukan berbagai pertanyaan. Salah satu mahasiswa, Noor Iz, menanyakan
tentang tips mengatur waktu saat menulis. Ibu Miftahkul Jannah menjawab,
"Cobalah untuk menulis setiap hari, meskipun hanya sedikit misal 30 menit
setiap harinya. Proses menulis harus dijadikan kebiasaan."
Acara ini ditutup dengan harapan bahwa mahasiswa dapat menerapkan ilmu dan
strategi yang telah didapatkan untuk menyusun skripsi dan thesis yang
berkualitas. Selain itu, forum akademia ini diharapkan dapat menjadi pemicu
semangat mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir dengan baik. Dengan adanya
acara ini, diharapkan mahasiswa lebih siap menghadapi tantangan akademik di
masa depan.