MAHASISWA S2 PAUD UNESA HASILKAN BEBERAPA BUKU MODEL PEMBELAJARAN YANG SIAP DIBAGIKAN KE GURU PAUD

Kegiatan perkuliahan S2 PAUD FIP Unesa
sangat beragam metodenya, disamping diskusi tentang teori tentang teori tentang
PAUD, mahasiswa juga membuat webinar, menulisa essay dan membuat buku untuk
pendalaman materi perkuliahan. Salah
satu jenis produk yang dihasislkan mahasiswa dalam perkuliahan adalah membuat
buku model pembelajaran inovatif. Buku tersebut sudah memiliki ISBN dan
diterbitkan oleh penerbit anggota IKAPI.
Diantara buku model pembelajaran inovatif
karya mahasiswa S2 PAUD akan segera diluncurkan dalam kegiatan bedah buku agar
bisa dinikmati oleh semua guru PAUD dan bisa diimplementasikan dalam
pembelajaran di kelas.
Kita intip diantara judul buku yang akan
disosialisasikan ke guru PAUD melalui kegiatan bedah buku seperti berikut.
1.
BUKU MODEL PITAKON
Buku Model PITAKON ditulis oleh Lailatul Nur Asri, S.Pd. Deskripsi Buku Model PITAKON seperti berikut
Model Pembelajaran PITAKON merupakan
akronim dari pengamatan indera, ajukan pertanyaan dan komunikasikan. Kata
pitakon dalam Bahasa Jawa artinya pertanyaan, kalimat yang menjelaskan rasa
penasaran atau atau keingintahuan mengenai gagasan, ilmu atau cerita. Kalimat
pertanyaan menggunakan kata ‘apa’, ‘bagaimana’, ‘kapan’, ‘di mana’, ‘siapa’,
dan ‘mengapa’.
Model pembelajaran PITAKON merupakan
program pembelajaran yang disintesis dari teori model pembelajaran, prinsip
pembelajaran di PAUD, tahapan perkembangan anak, keterampilan abad 21, dan
capaian pembelajaran fase fondasi Kurikulum Merdeka. Model pembelajaran ini
merupakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh anak usia dini agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Model pembelajaran PITAKON sesuai dengan
kompetensi yang ingin dicapai/dikembangkan, topik yang sednag dibahas,
karakteristik anak usia dini dan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.
Di dalam buku ini diberikan contoh rencana pembelajaran yang dapat digunakan
pada Model Pembelajaran PITAKON. Beragam tujuan pembelajaran yang dipilih pada
topik ‘Pahlawan Kebersihan’ akan mengajak anak melakukan pengamatan dengan
semua inderanya melalui kegiatan nature walk mengamati sampah di lingkungan
sekitar sekolah. Dari kegiatan tersebut anak akan bertanya untuk memenuhi rasa
ingin tahunya. Kalaupun belum muncul, guru dapat mengajukan pertanyaan untuk
menggali pemahaman anak dan memantik anak melakukan observasi dan eksplorasi
berkelanjutan. Selanjutnya anak akan mengkomunikasikan pengetahuannya baik
secara lisan, tulisan maupun mellaui berbagai media.
Buku model yang lainnya bisa dibaca pada
postingan berita berikutnya…