Benchmarking Kurikulum S2 PAUD UNESA ke S2 PAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pada hari Senin, tanggal 20 Mei 2024, Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melaksanakan kunjungan benchmarking yang bertajuk "Benchmark Kurikulum S2 PAUD UNESA ke S2 PAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta". Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkaya wawasan dan memperluas kerjasama antarprogram studi dalam bidang pendidikan anak usia dini.
Kunjungan ini didampingi oleh Prof. Dr. H. Suyadi, S.Ag., M.A., yang menjabat sebagai Ketua Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam sambutannya, beliau memperkenalkan berbagai program unggulan yang ada di S2 PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, seperti kegiatan Field Study Internasional, Pengabdian Internasional, dan kerjasama dengan universitas luar negeri lainnya. Beliau juga menjelaskan profil lulusan S2 PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang memiliki prospek karir yang luas sebagai dosen, peneliti, pengelola PAUD, atau guru bina.
Selain itu, beberapa mahasiswa S2 PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga berbagi pengalaman belajar mereka, termasuk pengalaman field study internasional di IPGM Malaysia, pengabdian internasional di Thailand, dan pengalaman menulis jurnal yang bereputasi. Diskusi yang berlangsung antara mahasiswa dan dosen dari kedua institusi juga turut memperkaya pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan anak usia dini.
Rombongan dari UNESA yang terdiri dari 30 mahasiswa dan 4 dosen, antara lain Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes (Guru Besar S2 PAUD), Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd (Koorprodi S2 PAUD), Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd (Dosen Pengajar), dan Melia Dwi Widayanti, M.Pd (Unit Pelaksana Manajemen S2 PAUD), turut aktif dalam acara ini.
Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara kedua program studi S2 PAUD, serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi pengembangan kurikulum dan program-program pendidikan anak usia dini di masing-masing institusi.